Plug-in MP3 di OpenSuSE 12.1

Secara default, OpenSuSE tidak menyertakan plug-in MP3 player, dengan alasan MP3 adalah modul plug-in yang bersifat proprietary/berlisensi. Nah gimana kalau kita mau dengerin musik dengan format MP3? Maka install-lah plug-in-nya. Hmm.. gantung banget sih..😛

Baiklah, awalnya saya gak mau pake Amarok untuk dengerin MP3,yang sudah ter-install secara default pada openSuSE, maka saya install Banshee. Setelah ter-install Banshee dan play MP3, permasalahan pun muncul, dan diminta untuk meng-install (kalo gak salah inget kira-kira bunyinya) ‘Install-lah MP3 – decoder’, lalu klik find dan tidak ditemukan. Lalu saya bukan YaST dan cari di Software Management, dan saya pun kebingungan, yang mana yah? Sdah beberapa plug-in yang saya install, tapi belum juga membuahkan hasil, padahal saya sudah menghabiskan 1 jam lamanya.

Masih penasaran, akhirnya saya baru inget, kalau saya jalankan Amarok dengan beberapa plug-in yang sudah saya install, bisa gak yah MP3 dijalankan? Dan ternyata sama saja, tidak bisa, tapiiii.. Amarok pun menanyakan, ‘apakah saya mau meng-install plug-in MP3?’ Dan saya jawab ‘Find’ dan akhirnya saya jadi tau, kalau plug-in yang diminta adalaaaaahh.. gstreamer-0_10-fluendo-mp3.

Dan akhirnya saya bisa juga dengerin musik MP3 di Amarok juga Banshee.