Root pada Galaxy Ace GT-S5830

Apa itu root?
Saya quote aja dari sumbernya:

Root adalah proses untuk merubah privilage dari user biasa menjadi superuser / dengan kata lain layaknya menjadi seorang administaror dalam OS Windows. Rooting sebenarnya di pergunakan dalam istilah Linux, yang bertujuan mendapatkan hak penuh dalam sebuah OS, jadi nantinya kita bisa melakukan apa saja yang kita inginkan setelah mendapat hak ini (dalam hal software).

Dengan melakukan root kita dapat memodifikasi device android kita secara lebih leluasa, mulai dari modifikasi setting, mengkopi hidden file, menginstal program, dll.

Keuntungan Root :

  • memungkinkan ace untuk diinstal app2sd.
  • bisa membuat custom theme pada ace.
  • bisa memakai aplikasi2 yang membutuhkan privilage akses (hak askses root device).

Root diberitakan dapat menyebabkan hilangnya garansi, namun root juga dapat dihapus atau dikembalikan pada posisi unroot. Root sangat aman dan tidak menyebabkan brick (handset mati total dan tidak dapat digunakan)

Bagi yang memerlukan firmware Custom ROM Blackhawk serta pendukungnya, bisa diambil di:

https://drive.google.com/folderview?id=0B1Aj8bC-AJMKb0xtVjFuMkpmR0k&usp=sharing

Install root dengan cara:

  • Matikan/power off handset
  • Lalu masuk ke recovery mode dengan cara tekan dan tahan tombol [Home + Power] secara bersamaan sampai muncul logo Samsung hingga kira-kira 3 detik dan lepas tombol [Power + Home] secara berurutan
  • Setelah masuk recovery mode, pilih apply update from sdcard (dengan menggunakan tombol volume) –> pilih file upd_1.zip –> tekan tombol [Home] untuk Enter
  • Lakukan reboot system now–> tekan tombol [Home] untuk Enter

Uninstall root dengan cara:
seperti cara di atas, hanya saja file-nya yang unroot.zip

Referensi:
http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015379906