openSUSE: Evergreen vs Tumbleweed

Dalam rangka mendekati release openSUSE 13.2

tu-hari1

Makin lama makin malas kalau tiap kali keluar versi baru (release) distro linux khususnya saya yang pengguna openSUSE yang tiap 8 bulan – 1 tahun sekali harus meng-install ulang (clean install). Maka saya mulai mencoba mencari informasi.

Dimulai dari pertanyaan, apakah bisa openSUSE yang sudah ter-install (existing) untuk langsung di-upgrade ke versi selanjutnya yang lebih tinggi? Dari beberapa penelusuran saya di beberapa forum linux, sebagian besar yang telah mencoba langsung upgrade dari media DVD, (katanya sih) biasanya ada kendala pada library yang digunakan aplikasi versi lama yang belum tentu ada pada repository yang baru, sedangkan aplikasi-aplikasi yang baru membutuhkan library yang baru tapi juga bisa menyebabkan conflict pada library yang lama. Hhhmm.. bingung, jadi malas juga untuk mencoba, daripada error gak jelas.

Setelah menelusuri kembali portal opensuse.org, saya pun mendapatkan 2 jawaban yang mungkin akan membantu masalah saya di atas, 2 jawaban itu akan saya quote saja, karena saya pun masih agak bingung, tapi mungkin intinya adalah:

openSUSE:Evergreen = versi LTS (Long Time Support) yang akan tetap di support/update dari sisi keamanan ataupun bugfix dalam waktu tertentu antara 1 – 3 tahun setelah rilis openSUSE yang baru. CMIIW.

openSUSE:Tumbleweed = versi Rolling Update, yang akan ter-update terus dengan software versi stabil yang paling akhir (paling update). CMIIW.

Nah, yang sedang saya coba sekarang ini yang versi tumbleweed, saya ingin tahu sampai sejauh mana dia akan up to date, apakah akan ter-upgrade secara otomatis ke rilis yang terbaru, ataukah tetap pada rilis yang sedang berjalan (existing) tapi software-software-nya up to date dan stabil. Namun sayangnya saat ini 2 hari menjelang rilis openSUSE yang terbaru yaitu openSUSE 13.2, malah openSUSE 13.1 saya tiba-tiba error entah kenapa tidak bisa digunakan untuk internet. Huh.. karena tanggung akan keluar rilis openSUSE 13.2, ya sudahlah sekalian clean install aja deh..

Sedikit tips menggunakan openSUSE:Tumbleweed, setelah kita clean install, maka repository pun langsung gunakan yang versi Tumbleweed juga, supaya software-software bersesuaian dengan library yang terdapat pada repo Tumbleweed.

Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan kunjungi portal resminya:

openSUSE:Evergreen
https://en.opensuse.org/openSUSE:Evergreen
openSUSE:Tumbleweed
https://en.opensuse.org/Tumbleweed

*PS: apabila tulisan saya ini ada yang keliru, saya mohon koreksinya dari Anda (CMIIW)